VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Hadiri Sidang Etik DKPP, KPU Minut Tegaskan Kerja Sesuai Prosedur




Mediakawanua.com, MINUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Utara telah menghadiri sidang terkait dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP).

Sidang DKPP berlangsung, Senin 30 November 2020 di Kantor Bawaslu Provinsi Sulawesi Utara.

Hal tersebut tertuang dalam Perkara 130-PKE-DKPP/X/2020, diadukan Noldy Awuy. Sedangkan perkara 141-PKE-DKPP/XI/2020 diadukan Efraim Kahagi. 


Keduanya mengadukan Ketua serta anggota KPU Minut yakni, Stella Runtu, Darul Halim, Hendra Lumanauw, Dikson Lahope serta Robby Manopo.

Pengadu dalam hal ini mendalilkan Komisioner KPU (teradu) melakukan pelanggaran kode etik perihal dokumen persyaratan Calon Bupati Minahasa Utara atas nama Shintia Gelly Rumumpe (SGR), terindikasi menggunakan ijazah yang dilegalisir bukan oleh pejabat berwenang.


Penegasan Ketua KPU Minut, Stella Runtu, bahwa bersama komisioner lainnya melaksanakan tugas sesuai amanat Undang-Undang.

“Intinya, kami lakukan sesuai prosedur. Memang, kami juga sadar bahwa ada batasan-batasan tersendiri. Ada yang tidak bisa dilakukan karena diluar kewenangan kami. Yang jelas sesuai aturan undang-undang, maupun PKPU menurut juknis 394, kami menerima berkas pencalonan, kalau ijazah yang dilegalisir instansi  berwenang dan sepanjang itu tahapan pendaftaran, perbaikan kelengkapan berkas sampai dengan pleno akhirnya diputuskan bahwa yang kami lakukan ini sudah sesuai,” ujar Stella. 


Ketua KPU Minut juga memberikan tanggapan atau klarifikasi atas informasi perihal issu adanya aliran dana yang mengalir ke Komisioner KPU Minut sehubungan dengan kasus ijazah palsu (Ipal) yang dilaporkan ke DKPP. “Saya tegaskan adanya issu tersebut sama sekali tidak benar," tandasnya. (Mhet/mk)

Hadiri Sidang Etik DKPP, KPU Minut Tegaskan Kerja Sesuai Prosedur Hadiri Sidang Etik DKPP, KPU Minut Tegaskan Kerja Sesuai Prosedur Reviewed by mediakawanua on Selasa, Desember 01, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA