VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Dihadapan Forkopimda Minut, KPU RI Warning Penerapan Prokes di TPS




Mediakawanua.com, MINUT - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa Utara proaktif menggelar rapat koordinasi pengamanan tahapan pemungutan dan penghitungan suara jelang pemilihan serentak yang tidak lama lagi akan berlangsung.


Rakor dengan melibatkan Forkopimda bersama unsur-unsur terkait berlangsung di Convention Hall Novotel Manado, Kamis (03/11/20).

Turut hadir Pjs Bupati Minahasa Utara, Clay Dondokambey SSTP MAP, Kaban Kesbangpol, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Satgas Covid 19, TNI/Polri, Ketua Pengadilan Negeri Airmadidi, Kajari Minut dan BAKAMLA wilayah Maritim Zona Tengah. Termasuk unsur pendukung lainnya, seperti PT Telkom dan PLN area Minahasa Utara. 


Komisioner KPU, Darul Halim selaku Kordiv teknis penyelenggara secara langsung memandu jalannya rakor.


Ketua KPU Minut, Stella Runtu dalam sambutannya menegaskan bahwa setiap tahapan Pilkada 2020, pihaknya terus berkoordinasi dengan semua unsur terkait agar ada kesamaan presepsi jelang Pilkada 9 Desember 2020 mendatang. "Dalam setiap tahapan, kami hadirkan pihak-pihak terkait, baik dari stakeholder, unsur Forkompimda, keamanan, dan penegak hukum. Apalagi dalam tahapan krusial dicontohkan ktika perhitungan suara di tengah Pandemik Covid-19," timpal Stella.


Sementara Pjs bupati Clay Dondokambey mengatakan pemerintah Kabupaten yang melaksanakan Pilkada akan terus mendukung langkah-langkah perencanaan dan agenda KPU, demi kekancaaran pilkada yang damai dan lancar. "Kami proakif mensosialisasikan setiap tahapan Pilkada dalam setiap agenda pemerintah ketika berada dalam kegiatan kemasyarakatan. Apalagi ketika puncak pungut hitung suara," tandas Pjs bupati.


Sementara Komisioner KPU, Darul Halim mengingatkan kerawanan yang kerap terjadi di TPS, pada saat dan setelah pemungutan suara dilakukan.

TPS dikatakan rawan dilihat dari faktor cuaca, misalnya TPS yang berlokasi di daerah pegunungan atau pelosok. "Dalam catatan kami, ada TPS yang bisa terjadi masalah, tepatnya berpotensi menimbulkan risiko pemungutan suaranya tertunda, dikarenakan surat suara atau logistik telat sampai ke TPS secara tepat waktu," imbuhnya.


Ditengah jalannya rapat, hadir Plh. Ketua KPU RI, Ilham Saputra bersama anggota KPU Sulut Yessy Momongan dan Salman Saelangi menyambangi lokasi rakor.


Ilham mengapresiasi kegiatan rakor yang digelar KPU Minut yang menurutnya sebagai bentuk kesiapan penyelenggara dalam pelaksanaan tahapan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 yang puncaknya pada 09 Desember 2020 nanti. 

"Kami terus meyakinkan masyarakat bahwa penyelenggaraan pemilihan serentak lanjutan tahun 2020 di tengah pandemi Covid-19 dijalankan dengan protokol kesehatan yang sangat ketat," tegasnya.  


Ilham juga mengungkapkan, KPU berupaya mencarikan solusi terbaik, dengan mendesain sebuah sistem atau aplikasi bernama Sirekap (Sistem Informasi Rekap) yang bisa digunakan oleh KPPS dalam proses pungut hitung suara saat bertugas di TPS. 

"Secara teknis aplikasi ini sudah diuji coba di beberapa lokasi, bahkan secara nasional. Tujuannya antara lain untuk mengurangi pemakaian kertas, transparan dan secara cepat menyajikan hasil penghitungan suara secara real, juga dapat dilihat langsung oleh publik," jelasnya.  


Diketahui, ketua KPU RI dalam kunjungannya di derah Sulawei Utara untuk melihat langsung Simulasi kegiatan penghitungan suara dalam kondisi Pandemi Covid-19 yang diselenggarakan di Kabupaten Minahasa. (Mhet/mk)



Dihadapan Forkopimda Minut, KPU RI Warning Penerapan Prokes di TPS Dihadapan Forkopimda Minut, KPU RI Warning Penerapan Prokes di TPS    Reviewed by mediakawanua on Selasa, November 03, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA