VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Bawaslu Minut Berencana Tertibkan APK Paslon

 



Mediakawanua.com, MINUT - APK (alat peraga kampanye) berupa baliho Parpol ataupun baliho Paslon kontestan Pilkada hingga kini masih bertebaran di jalan-jalan, padahal sudah ada imbauan sebelum tahapan kampanye berlangsung.

Karena belum diturunkan, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minut berencana menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) yang tidak sesuai regulasi.


Menurut Koordinator Divisi Pengawasan, Humas dan Hubal Bawaslu Minut Rahman Ismail, Bawaslu akan segera melakukan penertiban APK yang bukan difasilitasi oleh KPU.

“Kami sudah melakukan Rapat koordinasi Bersama Pjs Bupati Minut serta stakeholder yang ada, untuk melakukan penertiban APK, rencananya pekan depan mulai dibersihkan," tegas Rahman, Jumat (09/10/20).

Lanjutnya, rencana penertiban APK, pihak Bawaslu akan melibatkan unsur pemerintah seperti Dinas Perhubungan, Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, Sat Pol-PP. Bahkan menggandeng TNI-Polisi guna memback-up pengamanan.

“Kami telah sepakat untuk penertiban APK mulai Jumat 16 Oktober 2020,” ujar Maman sapaan akrabnya.


Rahman menambahkan, jika tidak ada arah melintang saat penertiban APK, Bawaslu sepakat menghadirkan para kontestas Pilkada (Paslon) juga dari Parpol bantu menurunkan APK mereka masing-masing.

“Rencana dimulainya penertiban APK, pihaknya bakal mengundang paslon untuk menyaksikan sekaligus bersama anggota Parpol menurunkan baliho mereka masing-masing sebagai contoh," tambah Rahman.


Terkait penertiban APK, Kordiv Hukum Penindakan Pelanggaran dan Penyelesaian Sengketa Rocky Ambar SH, LLM, MKN menegaskan, penertiban APK sudah sesuai juknis PKPU,  Peraturan Bupati, selain merujuk pada UU No. 1 Tahun 2015
Pasal 69, tentang adanya larangan dan sangsi Kampanye di tempat ibadah dan pendidikan, adapun isi UU No. 1 Tahun 2020 yaitu, Dalam Kampanye dilarang:
i. menggunakan tempat ibadah dan tempat pendidikan; Pasal 187, (3) Setiap orang yang dengan sengaja melanggar ketentuan larangan pelaksanaan Kampanye Pemilihan Bupati/Walikota sebagaimana dimaksud
dalam Pasal 69 huruf i dipidana dengan pidana penjara paling singkat 1 (satu) bulan atau paling lama 6 (enam) bulan dan/atau denda paling sedikit Rp100.000,00 (seratus ribu rupiah) atau paling banyak Rp1.000.000,00 (satu juta rupiah).

Hal-hal yang berkaitan dengan aturan serta Undang-undang yang ada, maka Bawaslu melakukan pengawasan, dan penertiban, sehingga jika ada temuan atau pelangaran maka kami akan berlakukan sangsi sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kunci Rocky. (Mhet/mk)

Bawaslu Minut Berencana Tertibkan APK Paslon Bawaslu Minut Berencana Tertibkan APK Paslon Reviewed by mediakawanua on Sabtu, Oktober 10, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA