VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Sesi Pendaftaran Paslon Berjalan Lancar, Parpol Apresiasi KPU Minut

 


 

 
Mediakawanua.com, MINUT - Tiga bakal pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati telah mendaftarkan diri maju dalam kontestasi Pilkada Minahasa Utara (Minut) 9 Desember 2020 mendatang.

Kendati diwarnai berbagai dinamika, namun Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minut  sukses melaksanakan tahapan pendaftaran bapaslon berlangsung 4-6 September 2020.

Tiga bapaslon yang tendaftar yakni Joune Ganda-Kevin W. Lotulung (JG-KWL), Sompie Singal-Joppi Lengkong (KISS-JO) dan Shintia Gelly Rumumpe-Netty Agnes Pantow (SGR-NAP).

Pada sesi pendaftaran, sempat muncul segelintir berita jika KPU Minut mempersulit bapaslon.

Kabar ini mengemuka setelah Bapaslon Shintia Gelly Rumumpe- Netty Agnes Pantow (SGR-NAP) tidak diperkenakan masuk ruang pendaftaran. 
Pasalnya, baik SGR maupun NAP tidak bisa memperlihatkan hasil pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR) merupakan hal wajib sesuai aturan KPU.

Terkait ini, ketua DPC PKB Minut Sarhan Antili notabene Partai Pangusung SGR-NAP mengatakan
dinamika saat pendaftaran merupakan bagian dari konsistensi KPU dalam menerapkan aturan Pilkada.
"Memang cukup alot, kalau ada segelingan berita seakan-akan KPU mempersulit, saya kira tidak ada. Karena memang ada beberapa berkas yang harus dibenahi. Sehingga proses sampai malam hari ini," ujar Antili usai pendaftaran, Minggu (06/09/20). malam.

"Terima kasih juga kepada aparat keamanan, ibu Kapolres, pak Dandim, LO dan semua yang terlibat, kita tinggal menunggu keputusan," tambahnya.

Setelah tidak bisa menunjukan hasil swab, SGR-NAP akhirnya meninggalkan kantor KPU Minut, dan dianjurkan mengikuti proses pendaftaran via media daring.
Sementara perwakilan partai politik masih tetap di dalam area kantor mengikuti tahapan pengecekan berkas.
"Hasil swab tidak akan merubah status pencalonan, baik mendaftar sebagai balon bupati dan wakil bupati," tegas Komisioner Divisi Teknis KPU Minut, H Darul Halim.

Buktinya, proses pendaftaran tetap dilanjutkan dan berkas SGR-NAP dinyatakan lengkap dan diterima KPU Minut. "Lengkap dan memenuhi syarat. Berdasarkan itu, pendaftaran calon diterima," ujar Komisioner KPU Minut Robby Manopo saat membacakan berita acara tanda terima pendaftaran.

Sementara itu, mewakili SGR-NAP, Stevi Dacosta selaku Liaison Officer (LO) menyampaikan rasa syukurnya karena proses pendaftaran diterima dan memenuhi syarat pencalonan.
“Kami sangat bersyukur  pendaftaran calon bisa berjalan dengan baik. Saya berterima kasih kepada KPU dan petugas keamanan yang telah menjalankan tugasnya dengan baik sehingga proses pendafaran ini bisa berjalan lancar dana aman," ujar Dacosta.

Halnya daftar pertama, JG-KWL bersukur dokumen yang dimasukan dinyatakan lengkap dan diterima. “Tentunya dengan dukungan Parpol di akumulasi 60 persen kursi di DPRD, kami yakin menang Pilkada 9 Desember mendatang. Persembahan kami ini untuk kesejahteraan warga Minut,” sebut Joune dan Kevin diiyakan pimpinan partai pengusung usai menjalani proses pendafataran.

Sementara KISS-JO menjadi pendaftar kedua didampingi tiga pimpinan Parpol, Golkar, Hanura dan PAN.
Berkas paslon juga lengkap dan diterima KPU.
Duet pasangan ini ikut bersukur dan optimis bisa memenangkan Pilkada Minut 2020. "Perjuangan cukup berat, sampai kemarin masih ada pergumulan. Tapi puji Tuhan, kita  bisa mendaftar dan pendaftaran kita diterima," sebut Sompie diiyakan Lengkong.

Proses pendaftaran bajal pasangan calon dihadiri lengkap komisioner KPU, Stella Runtu (ketua) serta anggota Hendra Lumanauw, Darul Halim,
Robby Manoppo dan Dickson Lahope, serta disaksikan pimpinan Bawaslu Minut, Simon Awuy (ketua) serta anggota Rocky Ambar dan Rahman Ismail. (Mhet/mk)

Sesi Pendaftaran Paslon Berjalan Lancar, Parpol Apresiasi KPU Minut Sesi Pendaftaran Paslon Berjalan Lancar, Parpol Apresiasi KPU Minut    Reviewed by mediakawanua on Senin, September 07, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA