VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Enam Jam KPU Minut Pelototin Dokumen JG-KWL

 



Mediakawanua.com, MINUT - Tayangan live streaming situasi ruang KPU Minut, nampak tim Pokja bersama Komisioner KPU dengan teliti memeriksa satu-persatu berkas bakal pasangan calon (Bapaslon) bupati Minut Joune Ganda dan calon wakil bupati Kevin W. Lotulong (JG-KWL) saat mendaftarkan diri di KPU Minut, Jumat (04/09/20).

Kurang lebih enam jam dokumen pencalonan JG-KWL yang diusung Partai PDIP dengan dukungan enam Partai Politik diferivikasi tim pokja, sejak pukul 14.15 - 20.25 WITA.



Menurut Kadiv Teknis Penyelenggara KPU Minut, Darul Halim SH ada beberapa dokumen merupakan catatan Pengadilan yang belum dilampirkan Paslon JG-KWL seperti keterangan tidak pernah dipidana diatas 5 tahun. Kemudian surat keterangan tidak pernah berhutang, plus keterangan menunggak pajak. Dokumen-dokumen ini merupakan satu kesatuan dari Pengadilan yang sudah harus dilampirkan. "Setelah diperiksa ada beberapa dokumen yang belum disertakan. Sesuai PKPU nomor 10, juga surat edaran nomor 394 menerangkan dokumen pasangan calon harus lengkap saat didaftarkan sesuai regulasi yang ada. Ini syarat wajib dipenuhi," jelas Darul, meminta klarifikasi Kadiv bidang Hukum dan Pengawasan KPU, Robby Manopo.

Ditegaskan Manopo, dokumen yang diminta seharusnya ada sebelum pendatanganan berita acara penerimaan berkas calon.


Solusinya, pihak KPU mencoba berkoordinasi dengan KPU Provinsi Sulut. Alhasil berkas yang belum lengkap bisa disertakan dalam sesi perbaikan dan kelengkapan berkas terhitung tanggal 6-12 September untuk dimasukan ke KPU. "Kami sudah berkoordinasi dengan KPU Provinsi alhamdulilah sesuai  aturan memungkinkan. Untuk itu berkas yang kurang untuk segera diurus dan dilengkapi. Kami hanya akan memeriksa berkas yang kurang. Sementara dokumen lainnya sudah dicek list dan dianggap lengkap," tambah Darul diiyakan Manopo, membuat Paslon JG-KWL serta ketua-ketua Parpol Pendukung merasa lega.


Terpisah, Joune Ganda mengapresiasi kinerja KPU Minut, dengan sangat hati-hati dan teliti mempelajari satu persatu dokumen yang dimasukan, bahkan dikontrol langsung pihak Bawaslu. "Pertama-tama Saya dan Kevin juga teman Parpol pendukung memanjatkan syukur kepada Tuhan, àtas pimpinannya semua bisa berjalan lancar. Saya salud dengan kinerja KPU serta Bawaslu dengan mencermati satu-satu, alhasil berkas yang kami masukan dinyatakan sudah lengkap," sebut calon bupati Minut andalan PDIP Perjuangan.

Ditambahkan Joune, dengan dukungan sedikitnya 6 Parpol diantaranya Partai Demokrat, Perindo, PBB, PKPI, Gerindra dan PSI (non seet) setidaknya ada 18 kursi di DPRD Minut. "Dengan 60 persen dukungan kursi, tekad dan kami yakin pasti menang dalam Pilkada Minut 9 Desember 2020 mendatang," kunci pengusahan sukses ini diiyakan Kevin Lotulung.


Diketahui, tahapan pendaftaran Bapaslon dibuka Ketua KPU, Stella Runtu didampingi Kadiv Teknis Penyelenggara Darul Halim SH, Kadiv Sosparmas Hendra Lumanauw MA, Kadiv bidang Hukum dan Pengawasan Robby Manopo, dengan mengedepankan protokol covid-19 sebagaimana diterapkan KPU Minut.
Halnya ruang pendaftaran ikut dibatasi maksimal 10 orang dan diawasi langsung Bawaslu Minut. 

Pada tahapan pendaftaran calon, lokasi KPU mendapat pengawalan ratusan aparat TNI/Polri. (Mhet/mk)


Enam Jam KPU Minut Pelototin Dokumen JG-KWL Enam Jam KPU Minut Pelototin Dokumen JG-KWL Reviewed by mediakawanua on Jumat, September 04, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA