VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

KPU Minut Rekrut PPDP



Mediakawanua.com, MINUT - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) tengah merekrut Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).
PPDP dipersiapkan untuk tugas sinkronisasi data di lapangan, berupa pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih.
Ketua KPU Minut, Stella Runtu menerangkan bahwa PPDP yang direkrut secara keseluruhan mencapai 476 petugas. "Perekrutan sudah dimulai sejak  24 Juni dan berakhir 14 Juli 2020.
Halnya KPU telah menyiapkan data, tinggal dikonfirmasi dan disinkronkan lagi di lapangan. Ini tugas dan fungsi PPDP, termasuk pengecekan lokasi TPS karena ikut berpengaruh saat pencoblosan," terang Stella.
Sementara Komisioner KPU Minut, Hendra Lumanauw menegaskan penyusunan data pemilih jelas sangat berpengaruh, sebut saja ketika pemilih sering berpindah domisili, tetapi tidak melakukan update pemutakhiran data di Disdukcapil.  "Masalah ini  sering terjadi, sehingga coklit begitu penting, mengingat salah satu indikator penentu partisipasi pemilih," tegas Kadiv Sosialisasi, Parmas, Pend Pemilih dan SDM.
Terkait hal itu lanjut Hendra, PPDP harus naik rumah turun rumah bertemu langsung dengan pemilih. “Semua harus diperlancar, misalnya jika rumah dengan lokasi TPS berjauhan juga pemicu masyarakat enggan ke TPS. Hal ini diakuinya masih terjadi dalam Pemilu 2019 lalu," timpal mantan wartawan media Sulut grup.
Hendra menambahkan, PPDP direkrut melalui PPS di masing-masing Desa/Kelurahan dengan jumlah keseluruhan capai 476 petugas. Namun, nama-nama yang diusulkan PPS akan dicek lagi menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (SIPOL) milik KPU. "Dicek nanti apakah nama-nama yang diajukan memiliki afiliasi dengan Parpol  atau tidak. Hal ini penting, karena anggota Parpol tidak bisa disertakan guna menjaga netralitas dan kualitas dalam pilkada," kunci Kadiv Sosialisasi, Parmas, Pend Pemilih dan SDM
(Mhet/mk)

KPU Minut Rekrut PPDP KPU Minut Rekrut PPDP Reviewed by mediakawanua on Kamis, Juli 02, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA