VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

137 WNA di Minut Legal


Rakor Timpora dihadiri para Camat dan instansi terkait

Mediakawanua.com
, MINUT - Sedikitnya ada 137 warga negara asing (WNA) bekerja di sejumlah Perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Minahasa Utara (Minut).
Hal ini dikatakan Kepala Divisi Keimigrasian kantor wilayah KemenkumHAM Sulut, Ganda Samosir di acara rapat koordinasi Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) berkaitan dengan tatanan normal baru dilaksanakan di RM KNT, Minut, Jumat (17/07/20).

Rakor ini dirangkaikan dengan pengukuhan Timpora Kecamatan dibuka langsung Sekda Minut mewakili bupati, Ir Jimmy Kuhu MA, dan dihadiri Kaban Kesbangpol Minut Forsman Dandel SSos.
"Data kami 136 WNA, namun barusan dilaporkan satu lagi. Jadi total 137 WNA berada di wilayah Minahasa Utara. Mereka semua legal dan menurut informasi bekerja di sejumlah perusahaan, terbanyak di yayasan," ujar Samosir.

Samosir menjelaskan, Timpora  terdiri dari unsur Kepolisian, TNI, Kejaksaan, Disdukcapil, Disnaker, Bea Cukai, Dishub, Pemerintah Daerah, termasuk di tingkat Kecamatan. "Seluruh perwakilan instansi terkait hadir. Timpora Kecamatan bisa menjadi ujung tombak, sebab ada Polsek, Koramil termasuk aparatur di Kecamatan paling tahu keberadaan seseorang di wilayahnya. Masyarakat juga perlu dilibatkan dalam fungsi pengawasan orang asing," ujarnya.

Samosir menegaskan, pengawasan WNA mulai diberlakukan sejak mereka masuk dan mengajukan permohonan visa atau izin di Kedutaan RI. "Lebih cendrung bagi WNA yang bekerja di Indonesia, bukan turis. Kalau turis kapan saja mereka datang dan pergi. Ini juga salah satu tanggungjawab institusi imigrasi melakukan update Kitas (keterangan ijin tinggal sementara) soal domisili WNA, bukan dimana mereka bekerja. Jadi 137 WNA berada di Kabupaten Minahasa Utara,” terangnya.

Samosir manambahkan tujuan dibentuknya Timpora tingkat Kecamatan guna meningkatkan sinergitas fungsi pengawasan, dalam kaitan untuk menjaga kondusifitas di daerah. Sebagai sarana tukar menukar informasi dan inventarisasi pengawasan terhadap orang asing.

Senada Kaban Kesbangpol Minut, Forsman Dandel SSos menambahkan kehadiran WNA maupun investasi asing memang sangat dibutuhkan sepanjang membawa manfaat bagi pembangunan di daerah. Namun dampak negatifnya juga harus diwaspadai, sehingga keberadaan WNA perlu mendapat perhatian semua pihak. "Lintas koordinasi antar instansi sangat penting sesuai tupoksi masing-masing," timpal Dandel, sembari menambahkan kehadiran Timpora sebagai wadah tempat tukar-menukar informasi sehubungan dengan perlintasan, keberadaan atau kegiatan orang asing di Minut. (Mhet/mk)

137 WNA di Minut Legal 137 WNA di Minut Legal Reviewed by mediakawanua on Jumat, Juli 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA