VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Penyaluran Bantuan VAP Terhalang di Bitung


Batas wilayah masuk Minut dikunci

Mediakawanua.com, MINUT - Pemblokiran jalan di sejumlah lokasi yang diterapkan pemerintah kota Bitung dinilai kurang tepat yang bisa menghambat penyaluran bantuan ditengah pengendalian covid-19.
Buktinya, ketika Bupati Minahasa Utara (Minut) DR Vonnie Anneke Panambunan (VAP) STh ingin menyalurkan bantuan di Desa Klàbat, Kecamatan Dimembe, Minut.
Rombongan dari arah Kelurahan Karondoran, Kecamatan Ranowulu, Bitung terhalang portal ketika ingin memasuki Desa Klabat, Kamis (16/05/20) sekitar pukul 15.00 WITA.
Ceritanya, sejak siang bupati VAP membagikan masker, hand sanitizer plus bantuan pangan bagi warga di Kecamatan Kema, berikut Desa Tontalete Kecamatan Kauditan, Minut.
Kemudian ingin berlanjut ke Desa Klabat, Kecamatan Dimembe, Minut.
Untuk menuju ke lokasi itu, VAP bersama rombongan menelusuri jalan pintas melewati Kelurahan Karondoran, Kecamatan Ranowulu, Bitung.

Kesal akses jalan ditutup

Sayangnya, rombongan bupati justru terhalang adanya portal/blokade jalan di batas wilayah Kelurahan Korondoran, kota Bitung dengan Desa Klabat, Kabupaten Minahasa Utara.
Akibat rombongan disuruh balik, adu mulut pun terjadi antara ajudan bupati dengan petugas polisi, dishub yang berjaga di lokasi.
Tak pelak, pembatas jalan akhirnya dibuka paksa oleh pengawal tim VAP.
Alasan ajudan bupati, pemblokiran jalan umum yang diterapkan pemerintah kota Bitung bertentangan dengan instruksi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis melalui surat Telegram Resmi (TR) nomor 1148 tertanggal 9 April 2020. "Justru itu, kami yang mengawal bupati sangat keberatan ditutupnya akses jalan karena menghambat penyaluran bantuan pengendalian covid-19," katanya.
Lagi pula di lokasi ada polisi, aparat TNI, petugas dishub. Mereka harusnya memahami, bukannya menghambat. "Bupati memang tidak turun dari mobil, tapi ibu dari mobil membagi-bagikan masker dan uang di lokasi itu, dan mereka senang. Namun kami benar-benar kecewa, sebab penutupan jalan jelas-jelas melanggar instruksi Kapolri," sentilnya.
Sementara Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan (Prokopim) pemkot Bitung, Albert Sergius Pelenkahu mengatakan pemberlakuan masuk kendaraan satu pintu guna mengatisipasi penyebaran Covid-19 sudah mulai diterapkan sejak, Jumat (03/04/20). "Akses masuk orang atau kendaraan ke Bitung, seperti di Kelurahan Tanjung Merah, Karondoran dan Pinasungkulan ditutup, kecuali Sagerat. Dititik pintu masuk dari luar ke Kota Bitung dibuat posko. Untuk orang penanganan CT scan bahkan disinfektan sesuai dengan protap Kementerian Kesehatan RI," jelas Abe sapaa akrab Sergius.
Terpisah Kapolres Bitung AKBP FX Winardi Prabowo SIK terkait pemblokiran jalan, menegaskan hanya dalam rangka pengamanan. "Bisa koordinasi langsung dengan Dishub," ujar Prabowo. (jhet/mk)






















Penyaluran Bantuan VAP Terhalang di Bitung Penyaluran Bantuan VAP Terhalang di Bitung Reviewed by mediakawanua on Jumat, April 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA