VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Bergantung Impor, Mentan Ajak Pemda Genjot Produksi Kedelai


Simbolis: aksi tanam kedelai di Desa Kolongan
Mediakawanua.com, MINUT - Kedatangan Menteri Pertanian (Mentan) DR. Syahrul Yasin Limpo di Minahasa Utara, Selasa (21/04/20) disambut Bupati Vonnie Anneke Panambunan (VAP).
Simbolis rombongan Kementan bersama pemerintah daerah (pemda) setempat melakukan aksi tanam kedelai di Desa Kolongan, Kecamatan Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara, juga dihadiri Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Ketua Komisi IX DPR RI Felly Runtuwene, juga sejumlah pejabat eselon I Kementan, Kajati Sulut Andi Muh Iqbal Arief, Asisten II Provinsi Sulut Praseno Hadi, Kadis Pertanian dan Peternakan Sulut Novly Wowiling.
Mentan Syahrul Yasin Limpo mengaku, pihaknya diminta presiden untuk membackup dan mendorong sentra komoditi di daerah Sulawesi Utara, salah satunya kacang kedelai agar tidak bergantung lagi dari impor.

Komit produksi kedelai akan semakin bergairah
"Kita masih bergantung impor kedelai. Produk ini perlu kita dorong agar kedepan mampu hasilkan sendiri," ajak Limpo.
Lanjut Mentan, komoditas kedelai merupakan bahan baku produk olahan susu kedelai, tahu, tempe yang kini jadi makanan populer.
Apalagi sumber protein yang dihasilkan tergolong tinggi, baik untuk pertumbuhan peningkatan kualitas SDM. "Komoditas ini terbilang murah, semua kalangan bisa jangkau. Justru itu kami ingin menjamin bahwa komoditi kedelai perlu digenjot, produksi harus lebih banyak. Ratusan ribu hektar akan kita gelar untuk ditanami bersama gubernur, bupati dan para pengusaha untuk mendorong daerah ini lebih bergairah, khusus peningkatan produksi kedelai," imbuh menteri Limpo.

Kunjungan mentan gairahkan poktan di Minut
Dikesempatan yang sama, bupati VAP mengapresiasi kunjungan menteri serta rombongan di daerah Sulawesi Utara (Sulut), termasuk aksi menanam kedelai di Desa Kolongan, Kecamatam Kalawat, Kabupaten Minahasa Utara. "Atas nama pemerintah maupun masyarakat berterima kasih kepada pak menteri. Kunjungan kerja ini diyakini akan memacu semangat kelompok tani yang ada di Minut untuk lebih bergairah di sektor pertanian. Kedepannya akan maju pesat dan semakin lebih baik, demi peningkatan kesejahteraan keluarga," imbuh orang nomor satu di Minut. (jhet/mk)







  

Bergantung Impor, Mentan Ajak Pemda Genjot Produksi Kedelai Bergantung Impor, Mentan Ajak Pemda Genjot Produksi Kedelai Reviewed by mediakawanua on Selasa, April 21, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA