VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Bantuan Pangan Tahap II Siap Disalurkan


Bantuan tahap II akan disalurkan
Mediakawanua.com, MINUT - Bantuan pangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) bagi masyarakat kurang mampu masih akan berlanjut, seiring pengedalian Covid-19.
Bantuan tahap pertama (I) yang sudah disalurkan berupa beras 50,07 ton, 20 ribu ikan kaleng dan 7000 kg gula pasir.
Untuk tahap dua (II) sebut Kadis Pangan Minut Ir Johana Manua, masih menunggu data dari Pemerintah Desa/Lurah. "Selama dua pekan berjalan, dari 29 Maret hingga 9 April 2020 penyaluran bantuan disebarkan di 10 Kecamatan. Penerima bantuan yakni masyarakat kurang mampu yang penghasilannya terganggu akibat dampak Covid-19," sebut Manua didampingi Sekretaris Agustin Tiwow SIP.
Dikatakan Manua, karena akses menuju kepulauan sulit, maka jumlah masyarakat di daerah kepulauan lebih banyak dibandingkan yang didarat. "Untuk penyaluran tahap dua (2), kami masih menunggu penyesuaian data dari Kumtua dan Lurah masing-masing. Warga mana saja yang belum menerima, berdasarkan skala prioritas yang mengalami dampak tersebut," ujar Manua sembari menambahkan bantuan ini masih akan berlanjut sesuai kebutuhan masyarakat akibat dampak Covid-19.

VAP turun langsung menyapa masyarakat 

Terpisah, Bupati Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh saat dikonfirmasi menegaskan, penanggulangan darurat sosial berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2020 tentang Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 di Lingkungan Pemerintah Daerah, yang diperkuat lewat Surat Edaran Mendagri Nomor: 440/2622/SJ 29 Maret 2020 serta Surat Edaran Gubernur Sulut Nomor : 900/20.2291/Sekr-BKAD, 31 Maret 2020. "Dalam Permendagri dan Surat Edaran tersebut, kami sebagai pemerintah daerah diberikan kewenangan untuk menentukan siapa yang akan dibantu. Intinya bantuan ini dikhususkan bagi masyarakat ekonomi lemah. Data warga kurang mampu sesuai laporan pemerintah Desa dan Kelurahan. Bantuan pun disalurkan secara bertahap," urai bupati.

Penerima sudah didatakan pemerintah Desa

Bupati menjelaskan, kepala daerah  diinstruksikan mempersiapkan seluruh kebutuhan akibat Covid-19. Dimana penanganan darurat harus cepat dalam mengatasi dampak Covid-19.
Sesuai anjuran pemerintah pusat, kepala daerah segera mengambil kebijakan meminimalisir dampak virus corona. "Mendagri juga minta prediksi kebutuhan sampai Oktober 2020. Untuk itu akan disalurkan bertahap," lanjutnya, wabah virus corona tidak kelihatan, hingga belum bisa diprediksi kapan akan berakhir.
Demikian bupati meminta masyarakat lebih bersabar, dan berikan kesempatan kepada pemerintah untuk mengambil langkah cepat. "Saya ingatkan semua kita berdoa, doa untuk tim medis dalam bertugas, seluruh masyarakat yang ada di Minahasa Utara, Sulut, Indonesia mohon dijauhkan dari wabah ini," kunci calon gubernur Sulut. (jhet/mk)

Bantuan Pangan Tahap II Siap Disalurkan Bantuan Pangan Tahap II Siap Disalurkan Reviewed by mediakawanua on Sabtu, April 11, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA