VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Efek Corona, ASN "Diliburkan"




Mediakawanua.com, MINUT - Pemberlakuan libur bukan hanya Institusi Pendidikan, namun kebijakan ini juga berlaku bagi kalangan Aparatur Sipil Negara (ASN) bisa work from home (WFH) atau kerja dari rumah.
Kebijakan ini disebutkan Bupati Minahasa Utara (Minut) DR Vonnie Anneke Panambunan STh sebagai langkah antisipasi pemerintah gune memutus mata rantai penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19). "Kalau aktivitas ini bisa dikendalikan, memungkinkan virus tidak berkembang, sehingga penyebarannya akan terhenti, atau hilang. Ini kebijakan pemerintah denhan meliburkan sekolah, termasuk pegawai negeri maupun para pekerja swasta," sebut Panambunan.
Lanjut bupati, ASN bagian fungsional umum, Tenaga Harian Lepas (THL) dan Pejabat Eselon IV diberikan mandat, melaksanakan tugas pekerjaan dari rumah mulai 18 Maret 2020 sampai 31 Maret 2020.
Sementara, pejabat eselon II, yakni Sekretaris daerah, Asisten, Staf ahli bupati, kepala perangkat daerah, serta pejabat eselon III yakni para Kabag, Camat, Sekretaris dinas dan badan, kepala bidang, dan lurah, tetap melaksanakan tugas kedinasan, dengan masuk kantor sesuai dengan jam kerja. "Untuk layanan kesehatan, khusus ASN di RSUD Walanda Maramis dan seluruh Puskesmas yang ada di Minut, tetap bertugas, ini akan diatur pimpinan masing-masing," sebut Panambunan.
Imstruksi ini dikatakan bupati, sesuai surat Badan Kepegawaian Serta Pendidikan Dan Pelatihan Minut, Nomor 800/BKPP/368/III-2020, tanggal 18 Maret 2020, perihal penyesuaian sistem kerja ASN di lingkup pemerintah kabupaten Minahasa Utara. "Surat BKPP merupakan tindak lanjut surat edaran Kemenpan-RB nomor 19 tahun 2020, tanggal 16 Marer 2020, tentang penyesuaian sistem kerja ASN dalam upaya pencegahan Covid-19 di lingkungan pemerintah, serta surat edaran bupati Minahasa Utara nomor 83/BMU/III/2020 tanggal 16 Maret 2020, tentang pengawasan dan himbaun bagi warga Minut untuk mengantisipasi penyebaran covid -19," jelasnya.
Untuk keadaan mendesak lanjut bupati, ASN yang kerja dari rumah dapat dipanggil ke kantor. Selama bekerja dari rumah, ASN dan THL dilarang bepergian ke tempat umum dan tempat hiburan, kecuali dalam keadaan mendesak. "ASN dan THL dimintakan menunda kegiatan rapat dan pertemuan lainnya, yang menghadirkan banyak orang, terkecuali penyelenggaraan rapat yang bersifat prioritas dengan memperhatikan jarak aman peserta rapat," tegas balon Gubernur Sulut.
Surat tersebut dibenarkan Kabag Protokol Dan Komunikasi Setdakab Minut, Chresto F Palandi, SSTP MSi.
"Penegasan lain, selama jam kerja di rumah, ASN tetap standbye  menunggu petunjuk pimpinan," tambah Chresto Palandi. (jhet/mk)

Efek Corona, ASN "Diliburkan" Efek Corona, ASN "Diliburkan" Reviewed by mediakawanua on Rabu, Maret 18, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA