VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Antisipasi Covid-19, Masyarakat Airmadidi Sebarkan Vitamin C dan Antiseptik Gratis



Warga berebut dapatkan antiseptik gratis

Mediakawanua.com, MINUT - Peduli akan dampak penyebaran Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Masyarakat Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dinakhodai aktivis muda William Luntungan, Ray Marvin serta lainnya langsung action membuat antiseptik (hand sanitizer) yang sulit didapatkan belakangan ini.
Ratusan antiseptik hasil racikan ditambah vitamin C langsung disebarkan secara gratis ke masyarakat, dipusatkan di terminal Airmadidi, tepatnya ruas jalan Manado-Bitung, Jumat (20/03/20).


Aksi spontanitas warga sempat membuat kemacetan beberapa saat. Hanya saja masyarakat selaku pengguna jalan tidak keberatan, bahkan mereka ikut turun dari kendaraan untuk mendapatkan antiseptik plus vitamin C gratis.
Bukan hanya kelompok William CS, bersamaan di lokasi yang sama, anggota DPRD Sulawesi Utara (Sulut) notabene perwakilan Dapil Minut-Bitung, Melky Jakhin Pangemanan (MJP) juga membagi-bagikan masker.
Diketahui dua produk yang menjadi incaran masyarakat belakangan ini agak sulit didapatkan.
Dikatakan William, sasaran antiseptik dan vitamin C diberikan kepada seluruh sopir angkot jurusan Airmadidi-Paal Dua serta penumpang, sisanya dibagikan kepada pengguna jalan raya Manado-Bitung.


Mengingat aktivitas para sopir bersentuhan langsung dengan masyarakat banyak, sering memegang uang, antiseptik ini bisa difungsikan. "Penggunaannya kan mudah, sambil jalan bisa langsung dipakai cuci tangan," terang ketua Gerakan Bela Rakyat (Gebrak) Minut.
Disebutkan William, keberadaan MJP di lokasi yang sama juga kebetulan, lagian yang bersangkutan membagikan masker, jadi 'klop'. "Tidak ada kontak, kami masyarakat Airmadidi sudah merencanakan ini beberapa hari sebelumnya, hanya kami kesulitan mencari wadah untuk memasukan cairan antiseptik yang sengaja diracik sendiri. Setidaknya bahan baku alkahol ini steril, hasilnya bisa membantu masyarakat," terang Luntungan.


Tak hanya itu lanjut Luntungan, pihaknya juga telah menyediakan 2 buah tong air dari bahan fiberglass, di dua lokasi berbeda yang mudah dijangkau yakni terminal Airmadidi dan di Pal Tunjung. Air tersebut bisa dimanfaatkan warga untuk mencuci tangan. "Jika air habis akan diisi lagi. Intinya bahwa aksi kemanusiaan ini tidak ada hubungannya dengan nuansa politik atau Pilkada. Ini murni spontanitas masyarakat Airmadidi yang perlu disikapi positif semua pihak," tambahnya.
Aksi ini sekaligus ingin menyampaikan pesan kepada pemerintah dan masyarakat bahwa Covid-19 jangan dianggap main-main, apalagi belum ditemukan anti virusnya. “Jadi kami sangat berharap pemerintah pro aktif mensosilisasikan masalah ini ke masyarakat. Kami yakin, banyak masyarakat yang belum paham betul dampak dari virus mematikan tersebut," kunci ketua Gebrak Minut, menambahkan aksi serupa akan dilanjutkan pekan depan berlokasi di Kecamatan Kauditan dan Kecamatan Kema. (jhet/mk)

Antisipasi Covid-19, Masyarakat Airmadidi Sebarkan Vitamin C dan Antiseptik Gratis Antisipasi Covid-19, Masyarakat Airmadidi Sebarkan Vitamin C dan Antiseptik Gratis Reviewed by mediakawanua on Jumat, Maret 20, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA