Header AD

header ads

Parade Pangan Minut Meriah


Parade pangan jadi agenda tahunan
Mediakawanua.com, MINUT -Dinas Pangan Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Minut) menggelar ‘Parade Pangan Lokal’ berlangsung, Jumat (21/02/20).
Kegiatan yang terbilang unik kali kedua terbilang meriah dibandingkan tahun 2019 silam, diprakarsai Dinas Pariwisata.
Sedikitnya 11 kendaraan jenis pick-up dipoles aneka komoditi lokal hasil panen masyarakat seperti buah-buahan, sayuran maupun penganan lokal, khas daerah Minahasa Utara.
Konvoi kendaraan hias dengan beragam komoditi lokal cukup menyita perhatian khalayak ramai mulai dari lokasi star taman SBY,  menjajal sepanjang kurang lebih 8 km mengikuti ruas jalan utama Manado-Bitung dan finish di lapangan Saronsong II, depan RSUD Walanda Maramis, Kecamatan Airmadidi.


Parade pangan berlangsung sejak pagi turut disaksikan bupati Minut, Vonnie Anneke Panambunan (VAP), Sekretaris Daerah Ir Jimmy Kuhu, Forkopimda, para legislator Minut, pejabat dan ASN lingkup pemkab Minut, serta masyarakat.
Bupati menegaskan, pameran pangan lokal yang digagas pemkab Minut melalui Dinas Pangan bersama masyarakat bertujuan untuk membangun kesadaran di masyarakat untuk lebih mencintai alam, menggairahkan pertanian dalam mengembangkan produk pangan lokal. “Hasil garapan petani perlu untuk dipromosikan, memperlihatkan kepada dunia bahwa daerah Minahasa Utara sangat subur dan kaya. Bibit tanaman jika dilemparkan begitu saja di tanah pasti akan tumbuh subur, inilah kecintaan dan berkat yang Tuhan berikan bagi daerah ini (Minahasa Utara, red),” ujar VAP didampingi Kepala Dinas Pangan Kabupaten Minut, Ir Johana N. Manua.


Lanjut VAP, pengolahan pangan lokal selain untuk memenuhi kebutuhan keluarga, diharapka bisa meningkatkan pendapatan masyarakat. “Pangan lokal bisa dijadikan sumber pendapatan. Dengan pengolahan produk-produk hasil pertanian tentunya menjadi andalan. Kita disadari bahwa daerah Minahasa Utara benar-benar diberkati, sehingga dapat dikelola dengan baik, jangan sia-siakan apa yang dititipkan Tuhan,” sebut orang nomor satu di tanah Tumatenden, sembari menambahkan kegiatan ini menjadi progran Pemkab Minut, ditetapkan jadi agenda tahunan. “Untuk itu saya sangat berterima kasih kepada Tuhan karena telah memberikan tanah yang subur untuk Minut,” tambah Bupati.

Kadis Pangan Minut, Ir Johana N. Manua
Senada, Kepala Dinas Pangan Ir Johana N. Manua mengatakan, parade pangan lokal dilakukan masyarakat dan pemerintah Kabupaten Minahasa Utara selain bertujuan untuk dikenal secara luas. Namun lebih dari itu, ingin memberikan kesadaran di tengah  masyarakat untuk lebih bergairah dalam mengolah dan meningkatkan hasil pertanian.


Selain itu lanjut Manua, parade pangan lokal juga akan menjadi andalan daerah untuk dipamerkan kepada turis yang berkunjung di daerah Minahasa Utara. Apalagi wilayah Likupang sudah ditetapkan menjadi kawasan KEK Pariwisata, jelas agenda tahunan ini akan lebih semarak bukan hanya di kalangan masyarakat lokal, melainkan lebih dikenal di luar daerah Minahasa Utara. “Kedepan, kami akan mengundang daerah lain di Sulut untuk bisa menyemarakan kegiatan ini. Artinya, mereka ambil bagian dalam parade dengan memamerkan hasil komoditi daerah masing-masing,” tambah Manua.
Usai pegelaran, masyarakat pun menikmati buah-buahan, bahkan membawa pulang sayuran yang dipamerkan. (jhet/mk)

Parade Pangan Minut Meriah Parade Pangan Minut Meriah Reviewed by mediakawanua on 8:44 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA