VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

JG Harap Tulude Diagendakan Tiap Tahun



Mediakawanua.com, MINUT - Ketua Umum Panitia Tulude Sulawesi Utara (Sulut), Joune Ganda mengatakan bahwa momentum ini wujud ucapan syukur seluruh warga Nusa Utara (Nustar). Masyarakat Nustar mempercayai bahwa Tuhan telah menjaga dan lindungi masyarakat di tahun 2019, demikian permohon doa agar di tahun 2020 Tuhan tetap menuntun, melindungi dan dijauhkan dari bahaya sebagaimana inti acara Tulude. "Yang membanggakan pesta Tulude Sulawesi Utara yang digagas Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Nusa Utara (Bamukis) Sulut bisa dilangsungkan di Desa Munte, Minut. Sehingga kita berbangga acara ini dipusatkan di daerah Likupang. Saksikan sendiri acaranya berlangsung lancar. Kami inginkan acara ini diagendakan tiap tahun," harap JG sapaan akrap Joune Ganda notabene bakal calon bupati Minut disela-sela acara Tulude, di Desa Munte, Sabtu (08/02/20)


Diakuinya, warga masyarakat yang tinggal di pulau-pulau juga hadir dalam memeriahkan pesta Tulude. "Masyarakat pesisir turut hadir dalam menyemarakan perta iman tersebut. Apalagi sebagian besar masyarakatnya adalah warga Nusa Utara," sebut wakil ketua DPD PDI Perjuangan Sulut.
Joune Ganda menambahkan, acara ini merupakan aset kebudayaan, kearifan lokal yang harus dipertahankan dan dilestarikan.
Kedepan sebut JG, pesta adat Tulude bisa ditetapkan menjadi egenda tetap yang dilakukan tiap tahun di Minahasa Utara. "Apalagi daerah Likupang raya sudah ditetapkan menjadi wilayah destinasi wisata, bahkan sudah menjadi prioritas untuk dikembangkan. Demikian kearifan lokal seperti Tulude bisa dijadikan nilai budaya dipertunjukan bagi para turis, baik lokal atau turis manca negara,"ujarnya.


Harapan kedepan tambah JG, masyarakat Minut harus jaga dan rawat wilayah ini dengan baik. Bayangkan 5 destinasi wisata yang ada di wilayah likupang sudah diakui secara nasional. Bahkan menjadi buah bibir masyarakat dunia. "Dampaknya akan luar biasa ketika lokasi-lokasi parawisata ini dikelola dengan baik dan profesiona. Disisi lain àkan terbukanya lapangan kerja bagi masyarakat yang berdiam di kawasan Likupang raya," kuncinya.
Turut hadir ketua Bamukis Sulut, Edwin Silangen, bupati Minsel Tety Paruntu, wakil bupati Minahasa Robby Dondokambey, berikut asisten I Setdaprov Edison Humiang, sejumlah Pejabat pemrov Sulut, Kapolres Minut AKBP Grace Rahakbau SIK, Ketua DPRD Minut Denny Lolong, para legislator Sulut dan Minut. (jhet/mk)

JG Harap Tulude Diagendakan Tiap Tahun JG Harap Tulude Diagendakan Tiap Tahun Reviewed by mediakawanua on Minggu, Februari 09, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA