Header AD

header ads

Ibrahim Berikan Penguatan Produk Hukum Pelanggaran Pilkada



Sekretariat Bawaslu Sulut, Muhamad Ibrahim

Mediakawanua.com, MINUT - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Hawaslu) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) kembali menggelar sosialisasi perihal perundang undangan yang diterapkan jelang pemilihan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.
Kegiatan sosialisasi dipusatkan di Sutan raja hotel, Minahasa Utara (18/02/20), Bawaslu melibatkan sejumlah kalangan sebagai peserta, diantaranya Ormas, LSM, termasuk unsur pers.
Sebagaimana disebutkan Kasubbag Hukum Humas dan Hubungan antar Lembaga, Sekretariat Bawaslu Sulut, Muhamad Ibrahim, bahwa sumbang saran serta masukan dari peserta sangat dibutuhkan dalam rangka pencegahan pelanggaran pilkada.


Sehingga diharapkan dapat diselesaikan denga√®n pendekatan keadilan. “Masukan dan pertanyaan sangat kami butuhkan, bahkan sudah kami catat nantinya akan diteruskan ke pimpinan Bawaslu,” ujar Ibrahim.
Pelanggaran yang didapati sebut Ibrahim bisa bervariasi, baik dilakukan kader, tim sukses, simpatisan yang dapat merugikan bakal calon kontestasi pilkada. “Ini bisa lolos ketika kita tidak paham aturan. Bahkan bisa juga dilakukan oleh kontestan pilkada,” imbuhnya.
Demikian konsep penanganan pelanggaran yang ideal itu seperti apa sesuai penegasan aturan bahwa Bawaslu memang hadir sebagai bagian yang memastikan proses Pilkada itu berjalan jujur dan adil.
“Penegakan pelanggaran di setiap daerah bisa berbeda. Contohnya di Sulut, perlu dikaji pendekatan kultur, ras atau pendekatan golongan. Namun aturan harus diberlakukan, baik diselesaikan dengan pendekatan keadilan dan kesetaraan," kuncinya. (jhet/mk)

Ibrahim Berikan Penguatan Produk Hukum Pelanggaran Pilkada Ibrahim Berikan Penguatan Produk Hukum Pelanggaran Pilkada Reviewed by mediakawanua on 8:43 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA