VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Video 'Hoax' Pengrusakan Masjid di Perum Agape Viral


Bangunan yang dianggap masjid

Mediakawanua.com, MINUT - Video dengan caption pengrusakan masjid di perumahan Agape Griya, Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), yang diapload ke media sosial akhirnya jadi viral, Rabu (29/01/20).
Mendadak informasi ini dengan cepat beredar, bahkan mendàpat reaksi bukan saja dari umat muslim.

Kapolres Grace Rahakbau SIK pertemukan semua unsur di Mapolres Minut

Hanya saja, video dengan durasi sekitar 2 menit tersebut 'hoax' alias tidak benar.
Sebab yang dianggap bangunan masjid merupakan tempat atau balai pertemuan, berlokasi di Perumahan Agape ditengarai dirusak orang-orang tidak bertanggung jawab, Rabu (29/01/20) malam.
Demikian ditegaskan Dandim 1310 Bitung, Letkol (Inf) Kusnandar Hidayat saat menggelar konferensi pers di Mapolres Minut, Kamis (30/01/20). "Memang ada pengrusakan, dan bangunan tersebut bukan masjid sebagaimana disangkakan, namun bangunan itu merupakan tempat pertemuan," tegas Dandim.

Sepakat redam situasi

Menurut Kusnandar, hingga kini bangunan tersebut belum ada ijin, soal pengalihan status sebagai rumah ibadah atau masjid. Akan tetapi bisa dipakai untuk sholat, karena ada kebijakan pemerintah Desa maupun masyarakat di sekitar perumahan. "Kami sempat berkoordinasi dengan pemerintah waktu lalu selama bulan Suci Ramadhan, agar tempat itu bisa dipakai untuk sembahyang, dan itu disetujui," ujar Dandim.
Untuk itu Kusnandar mengimbau agar masyarakat jangan mudah terprovokasi. Harus cerdas memahami konten yang sebenarnya. Daerah ini begitu aman dan kondusif yang harus dipertahankan. "Mari sama-sama kita jaga daerah ini tetap aman. Jangan sampai masalah ini dijadikan komoditi untuk saling menghakimi. Ada aparat, jangan main hakim sendiri,” imbuh Kusnandar.


Hal senada ditegaskan Kapolres Minut, AKBP Grace Rahakbau SIK, bahwa masalah keamanan menjadi tanggungjawab Polres Minut, juga dibackup Polda Sulut maupun oleh Kodim 1310 Bitung.
Demikian oknum-oknum dicurigai yang diduga kuat terlibat dalam aksi pengrusakan balai pertemuan, Rabu (29/01/20) malam sudah diamankan, dan akan diproses lebih lanjut.
Dikesempatan yang sama, Kapolres menghimbau masyarakat untuk tetap tenang, dan jangan mudah terpancing, selanjutkan melakukan aktivitas seperti biasa. 

Gub bersama Kapolda turun di lokasi Perum Griya Tumaluntung

Apalagi kerukunan masyarakat di Sulut, termasuk di Minahasa utara tetaplah menjadi bagian penting untuk dijaga dan dipertahankan. "Suasana sudah kondusif, serahkan masalah ini ke aparat. Saya imbau masyarakat Minut untuk bersama-sama menjaga keamanan. Oknum yang dicurigai telah diamankan dan sementara menjalani proses pemerikasaan," terang Kapolres.

Kapolres manambahkan, akan membantu masyarakat segera memperbaiki kerusakan yang terjadi.
Bahkan lokasi balai pertemuan sebut Kapolres Minut untuk sementara disterilkan, dan dikawal aparat kepolisian, baik Polres, Polda maupun dibackup anggota TNI.
Permasalahan yang muncul ke permukaan membuat resah masyarakat, bahkan Kapolda Sulut dan Gubernur Sulut harus turun tangan.  (jhet/mk)
Video 'Hoax' Pengrusakan Masjid di Perum Agape Viral Video 'Hoax' Pengrusakan Masjid di Perum Agape Viral Reviewed by mediakawanua on Kamis, Januari 30, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA