Header AD

header ads

VAP Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi


Bupati VAP turun langsung di perum Agape Griya
Mediakawanua.com, MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut), DR Vonnie Anneke Panambunan STh MTh menghimbau masyarakat untuk lebih cerdas, dan jangan mudah terprovokasi. Apalagi terpancing dengan isu-isu Sara yang dapat memecah belah persatuan dan kerukunan.
Ditegaskan bupati, sekarang dengan mudahnya orang mendapatkan informasi melalui jaringan internet. Sehingga diharapkan masyarakat lebih cermat dan bijak dalam bersosialisasi menggunakan berbagai media yang ada, termasuk penggunaan media sosial dengan baik dan hembuskan informasi yang sejuk dan mengedukasi.
Terkait dengan pemberian ijin membangun tempat ibadah, VAP menegaskan tidak ada larangan untuk itu, jika semua persyaratan ok.
Hal ini ditegaskan bupati saat meninjau lokasi bangunan balai pertemuan ditengarai dirusaki oknum-oknum tidak bertanggung jawab berlokasi di Perumahan Agape Griya, Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan, Minut, Kamis (30/01/20).
Menindaklanjuti viralnya informasi pengrusakan, bupati langsung menggelar pertemuan di perumahan Griya Agape bersama Forkopimda Minahasa Utara, termasuk pemerintah Provinsi Sulawesi Utara diwakili asisten I, Drs Edison Humiang MSi.
Turut hadir dalam pertemuan diantaranya Ketua DPRD Minut Denny Lolong SSos, Kapolres Minut, AKBP Grace Rahakbau, Dandim 1310 Bitung, Letkol (Inf) Kusnandar Hidayat, anggota dewan Minut Sahran Antili dan Danniel M. Rumumpe.
Berikut ketua MUI Minahasa Utara, Hj Baildlowi Ibnu Hajar, termasuk tokoh agama, tokoh masyarakat Desa Tumaluntung.
Salah satu poin dialog memunculkan rekomendasi, jika untuk mendirikan tempat ibadah agar mengikuti prosedur. "Kalau semua persyaratan telah selesai, saya siap memberikan izin," tegas VAP sapaan akrab bupati Minut.
Dikesempatan itu, bupati mengingatkan masyarakat untuk lebih meningkatkan dan menjaga keamanan. Diminta kepada pihak-pihak yang terlibat jangan mudah terprovokasi, dan harus bisa menahan diri. "Jangan main hakim sendiri. Kalau ada permasalahan segera dibicarakan baik-baik. Komunikasi itu penting, apalagi untuk kepentingan bersama. Jangan langsung bikin rusak prasarana umum, itu tindakan kurang terpuji. Serahkan permasalahn ini ke aparat hukum," pinta bupati Panambunan.
Bupati juga mengakui bahwa masyarakat di Minahasa Utara sangat beragam, namun memiliki toleransi yang tinggi karena memiliki moto 'torang samua basudara'. Pertahankan daerah ini tetap aman, damai dan nyaman. "Sekaki lagi tidak ada larangan membangun rumah ibadah di Minut. Silahkan lengkapi berkas persyaratan. Jika sudah lengkap, saya akan tanda tangan," tegas bupati.
Sementara ketua MUI Minut Hj Baildlowi Ibnu Hajar, mengajak masyarakat untuk bisa memberikan informasi yang edukasi, penyejuk, halnya dapat menggunakan sosial media dengan baik. "Kami berharap masyarakat muslim di perum Griya Agape, termasuk yang berada di tempat lain harus mampu menahan diri. Umat disekitar lokasi harus bersabar menunggu proses perizinan yang sementara berjalan. Demikian pula harapan kami agar umat muslim yang biasa menggunakan tempat itu untuk sementara bisa sembahyang di rumah," imbuh Ibnu Hajar. (jhet/mk)

VAP Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi VAP Imbau Masyarakat Jangan Terprovokasi Reviewed by mediakawanua on 10:53 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA