VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

VAP Dampingi Menristek Resmikan PLTHM di Desa Tatelu


PLTMH berkapasitas 20 KVA

Mediakawanua.com, MINUT - Bupati Minahasa Utara (Minut), DR Vonnie Anneke Panambunan (VAP) mendampingi Prof. Bambang P. S. Brodjonegoro, PH.D, meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) berlokasi di Desa Tatelu, Kecamatan Dimembe, Minut, Jumat (17/01/20).


Bambang Brodjonegoro notabene mantan menteri Keuangan RI sangat mengapresiasi temuan anak daerah, yakni pembangkit listrik berkapasitas 20.000 Watt (20 KVA) yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang. “Temuan alat ini sudah dipatenkan sebagai produk anak bangsa, masuk produksi dalam negeri. Sehingga kedepan bisa dipasarkan atau diekspor keluar negeri,” ujar Kemenristek.


Kemenristek mengakui, listrik yang dihasilkan oleh kekuatan debit air yakni Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) relatif tergolong temuan baru, teknologi berbasis turbin ulir yang dibuat atau ditemukan oleh DR Tineke Saroinsong SST, M.Eng merupakan program pengembangan teknologi industri dibiayai oleh kementrian riset dan teknologi, kerja sama dengan pendidikan tinggi (Kemeristek Dikti). “Ciptaan teknologi sangat cocok di daerah-daerah irigasi, kemampuan debit air yang dihasilkan bisa dimanfaatkan untuk pembakit listrik. Hasil temuan ini bisa dimanfaatkan bukan hanya masyarakat Minahasa Utara atau di Sulawesi Utara, akan tetapi bisa di daerah lain,” imbuh mantan menteri kuangan RI ini.


Senada bupati Minut, Vonnie A. Panambunan (VAP) ikut mengaresiasi hasil temuan pembangkit listrik yang dibangun di Desa Tatelu. Demikian teknologi listrik yang dihasilkan diakuinya sangat membantu dan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. “Tentunya masyarakat yang ada disekitar pembakit bisa terbantu dengan keberadaan bendungan ini. Saya sarankan agar masyarakat ikut menjaga dan merawat lokasi ini,” pinta bakal calon gubernur Sulut ini.


Sementara Kepala Pusat Penelitian dan Pengabdian Pada Masyarakat Dr Tineke Saroinsong SST M.Eng mengatakan, keberadaan alat ini juga sudah dihitung kekuatan debit airnya bisa dimanfaatkan dalam kondisi kemarau panjang. Bahwa temuan ini merupakan hasil kerjasama Politeknik Negeri Manado dengan Kemeristek (Kemenristek-Dikti).
Total biaya pembangunan bendungan listrik berkapasitas 20 KVA diakuinya menelan anggaran Rp700-an juta. “Total anggaran Rp740 juta. Sedangkan biaya untuk pembuatan turbin saja seharga Rp250 juta,” urai Kepala P3M Politeknik Manado. (jhet/mk)
VAP Dampingi Menristek Resmikan PLTHM di Desa Tatelu VAP Dampingi Menristek Resmikan PLTHM di Desa Tatelu Reviewed by mediakawanua on Jumat, Januari 17, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA