VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Rolling Pejabat Oleh Incumbent Dibatasi Aturan


Ketua Bawaslu Minut, Simon Awuy

Mediakawanua.com, MINUT - Berdasarkan Surat Edaran Nomor: SS-2012/K.BAWASLU/PM.00.00/12/2019, mengintruksikan seluruh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) provinsi dan kabupaten/kota berupa peringatan terhadap kepala daerah (incumbent) agar tidak melakukan pergantian jabatan ASN, terhitung sejak enam bulan sebelum penetapan pasangan calon. 
Menanggapi surat edaran tersebut, Ketua Bawaslu Minut Simon Awuy mengatakan, khusus bagi kepala daerah yang mengikuti pencalonan agar lebih selektif dalam mengambil kebijakan, seperti Rolling atau pergantian pejabat karena dibatasi dengan aturan, terhitung sejak tanggal 8 Januari 2020, tepatnya enam bulan sebelum penetapan pasangan calon oleh KPU. "Aturan ini hanya berlaku bagi petahana atau incumbent," lanjut Ketua Bawaslu Minut, Rabu (15/01/20).
Terkadang ada sesuatu hal dimana kepala daerah tetap melakukan pergantian pejabat. Ini bisa terjadi dengan asumsi jelas, katakanlah persetujuan tertulis kementerian terkait. "Diluar itu pasti menyalahi aturan, ada sanksinya," tegasnya.
Awuy menambahkan, perihal penerapan sanksi terhadap incumbent yang lalai sudah diatur dalam Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota atau biasa disebut UU Pilkada. Sesuai Pasal 71 Ayat 5, fatalnya jika diskualifikasi pihak penyelenggara Pemilu, dalam hal ini KPU. “Ada saksi pidana, ditahan maksimal enam bulan penjara, dan denda materil jelas diatur dalam Pasal 190,” kunci Ketua Bawaslu Minut. (jhet/mk)

Rolling Pejabat Oleh Incumbent Dibatasi Aturan Rolling Pejabat Oleh Incumbent Dibatasi Aturan Reviewed by mediakawanua on Kamis, Januari 16, 2020 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA