Header AD

header ads

Media Diisyaratkan Netral

Patria: peran media sangat penting
Mediakawanua.com, MINUT - Patria Pombengi SSos mengingatkan media massa dalam menjalankan tugas dan fungsi (Tupoksi) menghindari informasi yang tidak benar "hoax". 
Sebaliknya jurnalis dituntut berperan aktif memberikan informasi aktual, edukasi positif, serta manjaga netralitas jelang pelaksanaan pesta demokrasi pemilihan kepala daerah yang akan berlangsung tahun 2020, yakni pemilihan gubernur dan wakil gubernur, maupun pemilihan bupati dan wakil bupati di Minahasa Utara (Minut).
Patria mengatakan, peran media sangat penting dalam memberikan edukasi positif yang dibutuhkan publik, hingga strata masyarakat paling bawah. "Dalam menjalankan fungsi mengawasan, media sangat berpotensi ditunggangi kepentingan politik karena dianggap efektif menggiring opini negatif terhadap bakal calon kepala daerah," singgung Patria notabene pemimpin redaksi (Pemred) salah satu media online di Sulut.
 
Komisioner Bawaslu Sulut Mustarim Humagi
Selaku nara sumber perwakilan media dalam rakor pemilukada yang digagas Bawaslu Minut, berlangsung di Sutanraja hotel, Sabtu (28/12/19), media massa diingatkan untuk menerapkan framing positif dan berimbang pada kontestasi pilkada serentak 2020. Pemuatan berita yang di publis disyaratkan tidak terkontaminasi hal apapun atau ditunggangi kepentingan politik bakal calon tertentu. "Media harus mampu berdiri ditengah, sebagai juri tetap berjalan sesuai koridor aturan fungsi pengawasan dalam membackup tugas penyelenggara pemilukada. Hindari framing-framing negatif yang sarat kepentingan, apalagi sampai menjatuhkan atau menyerang pihak lain selaku kontestan calon kepala daerah," tegas Patria.
Hadir sejumlah narasumber diantaranya mantan Tim Panitia Seleksi (Pansel) anggota KPU Provinsi Sulut Hj Nur Fitry Latief  serta Komisioner Bawaslu Sulut Mustarim Humagi SHI selaku pemateri 'Tahapan Penanganan Pelanggaran Pidana Pemilu' sekaligus menutup rangkaian kegiatan rakor. (jhet/mk)

Media Diisyaratkan Netral Media Diisyaratkan Netral Reviewed by mediakawanua on 2:07 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA