Header AD

header ads

Kemenhub Siap Dukung Konektivitas KSPN


Komitmen dukung KSPN
Mediakawanua.com, BITUNG - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubda) Budi Setiyadi menegaskan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) komit mendukung konektivitas Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) disebutkan super prioritas.
KSPN Super Prioritas sebagaimana dimaksud Budi diantaranya Kawasan Pariwisata Manado - Bitung - Likupang. “Kami siap mendukung KSPN Super Prioritas, baik dari aspek sarana, prasarana, sistem, maupun SDM (Sumber Daya Manusia),” sebut Dirjenhub Darat dalam acara Sosialisasi Peraturan, Kebijakan, dan Program Bidang Perhubungan Darat di Bitung, Sulawesi Utara, Jumat (15/11/19).
Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan wawasan kepada operator yang berada di bidang transportasi darat tentang peraturan terkait visibilitas di jalan raya, tata cara perizinan e-SRUT dan BLUe, serta Sistem Perijinan Online Angkutan Dan Multimoda (Spionam) dan Sistem Manajemen Keselamatan angkutan (SMK) perusahaan angkutan umum.
Demikian Dirjen Budi mengajak regulator di seluruh Provinsi Sulawesi Utara untuk meningkatkan kinerja, fungsi pengawasan dan penegakan hukum terhadap seluruh regulasi yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Darat. “Sebagai perwujudan KSPN perlu dikembangan infrastruktur fisik, kesiapan SDM, termasuk sistemnya,” imbuhnya.
Menurut Budi, sebagian wilayah di Sulut merupakan daerah kepulauan, dan memiliki KSPN seperti Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata, sehingga Likupang perlu dioptimalkan. Perlu dikembangkan jaringan transportasi dalam dan antar pulau, diintegrasikan dengan moda transportasi sesuai dengan potensi wilayah, konektifitas transportasi udara, darat, penyebrangan laut, sungai atau danau. “Pengembangan jaringan transportasi yang efektif tinggal disesuaikan dengan moda trasportasi yang ada, konektivitas dalam dan antar pulau,” jelas Dirjen Budi.
Disisi lain, Budi mengingatkan seringnya terjadi pelanggaran-pelanggaran seperti Over Dimensi and Over Loading (ODOL) yang dianggap dapat merusak tujuan transportasi itu sendiri. “Sangat penting meningkatkan keamanan dan jaminan keselamatan kepada masyarakat selaku pengguna jalan, juga transportasi yang digunakan telah memiliki izin,” sentilnya.
Dalam kunjungannya ke Sulawesi Utara, Dirjen Budi didampingi Direktur Prasarana Transportasi Jalan, Risal Wasal, dan Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Chandra Irawan.
Bersama rombongan, Dirjen Budi juga meninjau Terminal Bus Tipe A Tangkoko, Jembatan Timbang Wangurer, dan Pelabuhan Penyeberangan Likupang. “Kami juga akan membenahi dermaga Lembeh dan Likupang, serta akan melanjutkan perbaikan Terminal Bus Tipe A Tangkoko, Bitung,” tambahnya. (jhet/mk)
Kemenhub Siap Dukung Konektivitas KSPN Kemenhub Siap Dukung Konektivitas KSPN Reviewed by mediakawanua on 10:53 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA