VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Rp220 M Anggaran Pilkada Sulut Dianggap Kurang

RDP Komisi I DPRD dengan KPUD Sulut
Mediakawanua.com, MANADO - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sulawesi Utara mengakui progres anggaran Rp220 miliar yang disediakan pemerintah untuk pelaksanaan pemilihan kepala daerah tahun 2020 dianggap tidak mencukupi.
Hal ini terungkap dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) antara komisioner KPU Sulut dengan Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Rabu (09/10/19).
Kekurangan anggaran juga dikuatkan oleh pernyataan anggota Komisi I Artur Kotabunan, sehingga dia akan mendorong ketua Komisi untuk bisa ditambahkan saat pembahasan anggaran nanti. “Kalau melihat anggaran ini, perlu diusulkan ada penambahan,” sebut Kotambunan.
“Melihat kondisi anggaran saat ini jelas sangat kurang, saya usulkan ke Ketua Komisi I agar anggaran bisa ditambah. Demikian pendatanganan naskah perjanjian hibah daerah (NPHD) juga bisa dipercepat,” tambah rekan Komisi I, Fabian Kaloh.
Sementara Ketua KPUD Sulut, Ardiles Mewoh mengatakan wacana kenaikan anggaran untuk Adhoc. “Adhoc juga akan ditambah, standarnya kan sebagaimana Pemilu  terakhir. Namun sampai hari ini belum ada persetujuan standarnya, selama belum ada kita KPU mengikuti standar yang lama, anggaran harus berdasarkan standar dan hukum,” terang Mewoh.
Lanjut dia, honorarium Adhoc itu biasanya sangat tinggi kita juga nelihat kemampuan keuangan. Misalkan, keluar standar dari Kementerian Keuangan paling tinggi untuk KPPS Rp1.200.000 dan disetujui misalkan Rp800.000 kita juga melihat kondisi keuangan. “Yang diusulkan KPU saat ini berdasarkan standar yang lama. Untuk calon dimana estimasi KPU ada tiga calon, tapi jika lebih anggaran bisa ditambah,” perkiraan Mewoh, sembari menambahkan penandatanganan NPHD sebagaimana anjuran Kemendagri paling lambat 14 Oktober 2019.
RDP yang berlangsung bersama KPUD Sulut dipimpin langsung Ketua Komisi I, Dra Vonny Paat. (jhet/mk)

 

Rp220 M Anggaran Pilkada Sulut Dianggap Kurang Rp220 M Anggaran Pilkada Sulut Dianggap Kurang Reviewed by mediakawanua on Kamis, Oktober 10, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA