VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Menko Kemaritiman Ajak Warga Sulut Lestarikan Pesisir Laut

Buka AIS Startup and Business Summit 2019

Mediakawanua.com, MANADO - Kegiatan Archipelagic and Island States (AIS) Startup and Business Summit 2019 setidaknya menjadi lompatan besar bagi daerah Provinsi Sulawesi Utara untuk mampu bersaing, bukan hanya tingkat regional.                                                Hal ini didukung sumber daya alam yang dimiliki daerah ini, terlebih potensi pantai dan laut sebagaimana diakui Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey saat membuka kegiatan tersebut yang berlangsung di Kawasan Megamas Manado, Kamis (31/10/19). “Saya ajak pemerintah dan seluruh komponen di masyarakat tetap menjaga dan melestarikan keindahan pantai dan laut agar tidak dikotori dengan sampah plastik. Kebersihan itu sangat penting, sehingga seluruh masyarakat punya kewajiban untuk mengkampanyekan dan mengimplementasikannya,” ujar Luhut.
Luhut juga meminta Pemerintah Daerah memberikan larangan bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan, terlebih sampah plastik di lingkungan pantai di Sulut. “Indonesia kita ini kaya, halnya daerah Sulut banyak yang bisa dieksplor. Makanya, kita harus menjaga dan pelihara ini, seperti tadi pagi kita giatkan bersih-bersih pantai. Ini menjadi penting. Saya mohon orang Manado, jangan buang sampah sembarangan. Semua jajaran Pemda harus haramkan membuang sampah, apalagi sampah plastik ke laut,” tandas Menko Luhut.
Luhut manambahkan bahwa sampah plastik saat dibuang ke laut, akan menjadi mikro plastik dan dimakan ikan. Plastik yang sudah ada dalam ikan, ikut termakan oleh manusia yang menyantap ikan tersebut. “Ini akan berdampak langsung bagi manusia, terlebih ibu hamil, bayinya bisa cacat,” tambahnya seraya mengajak perguruan tinggi di Sulut ikut melahirkan SDM handal, memiliki skil dan pengetahuan untuk dapat mengelola SDA yang dimiliki daerah ini.
Senada Gubernur Olly Dondokambey menegaskan bahwa hal ini terus dikerjakan, karena ini adalah musuh bersama. Demikian Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara sangat mendukung gerakan bebas sampah. Sampah plastik merupakan ancaman yang tidak main-main untuk keberlangsungan ekosistem. Apalagi jika kebiasaan membuang sampah di laut terus dilakukan, karena selain merusak lingkungan, manusia juga bisa terkena dampak dalam kurun waktu yang bisa dibilang singkat,” tegas gubernur. (red/mk)
Menko Kemaritiman Ajak Warga Sulut Lestarikan Pesisir Laut Menko Kemaritiman Ajak Warga Sulut Lestarikan Pesisir Laut Reviewed by mediakawanua on Kamis, Oktober 31, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA