VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Pemkot Manado 'Perangi' BABS


Pemkot Manado gencar sosialisasi Stop BABS
Mediakawanua.com, MANADO - Keseriusan pemerintah tentang pentingnya pola hidup sehat bagi masyarakat kini menjadi prioritas.
Salah satunya digagas Dinas Kesehatan Kota Manado bekerja sama dengan Forum Kota Sehat  (FKS) Manado menggelar sosialisasi penggunaan jamban saat buang air besar, alias perangi Buang Air Besar Sembarangan (BABS) agar masyarakat terhindar dari penyakit yang diakibatkan kotoran.
Sosialisasi ini menghadirkan nara sumber Ketua FKS Manado, Dr Ivon Bentelu M.Kes didampingi Kepala Seksi (Kasie) Kesehatan Lingkungan, Andris Wala SKM berlangsung di Kelurahan Paniki Dua, Kecamatan Mapanget, Manado, Rabu (16/10/19).
Dirangkaikan dengan itu, juga dilantik FKS Kelurahan, dihadiri Lurah Paniki Dua I Gusti Sudarmaja SKom, Tim PKK Kelurahan, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.
Dikatakan Ketua FKS Manado dr Ivon Bentelu, bahwa pentingnya memberikan kesadaran di masyarakat tentang pola hidup sehat. Pola hidup sehat dan bersih harus dibudayakan di kalangan masyarakat, termasuk kewajiban dalam memiliki jamban keluarga. “Istilah yang tidak asing lagi di telinga kita, mencegah lebih baik dari mengobati,” tegas dr Ivon. 

Sosialisasi stop BABS di Kelurahan Paniki Dua
Diakuinya, untuk wilayah perkotaan memang sudah banyak keluarga yang memiliki jamban. Namun tidak menutup kemungkinan masih ada keluarga yang tidak memiliki jamban seperti yang tinggal di daerah bantaran sungai (DAS). Apalagi di wilayah pedesaan atau daerah terpencil Stop BABS notabene belum bisa sepenuhnya diterapkan. Sebab kebiasaan masyarakat membuang kotoran di sungai atau kali,” ujarnya.
Ditambahkan dr Ivon, deklarasi atau perang terhadap BABS sebenarnya merupakan bagian dari program kementrian kesehatan, tujuannya guna menumbuhkan kesadaran di masyarakat pentingnya hidup sehat, terhindar dari penyakit yang merugikan orang lain, berdampak terhadap penyakit menular seperti penyakit diare dan lain-lain. “Sosialisasi ini begitu penting, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan bagi pelaksanan program guna mendapatkan hasil yang diharapkan,” terangnya.
Terkait dengan sosialisasi ini, Lurah Paniki Dua, I Gusti Sudarmaja turut mengapresiasi pemkot Manado, melalui Dinas Kesehatan sekaligus mewadahi Forum Kota Sehat. “Sebagai perpanjangan tangan pemerintah kota, pemerintah Kelurahan tentunya akan menjadi corong dalam memerangi BABS melalui FKS Kelurahan maupun Tim Penggerak PKK,” tambah Gusti memasuki dua pekan jabat Lurah Paniki Dua. (dw/mk)
Pemkot Manado 'Perangi' BABS Pemkot Manado 'Perangi' BABS Reviewed by mediakawanua on Rabu, Oktober 16, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA