Header AD

header ads

I Made Kagum Cagar Budaya Minut


Kunjungan I Made Geria di cagar budaya Airmadidi, Minut
Mediakawanua.com, MINUT - Kunjungan Kepala Pusat Penelitian (Kapuslit) Arkeologi Nasional, DR I Made Geria MSi, didampingi Kepala Arkeologi Sulut Wuri Handoko, Kadis Pariwisata Minut Audy Sambul dalam acara peresmian Rumah Peradaban Sulawesi Utara, disambut tarian kabasaran cakalel begitu memasuki gerbang Cagar Budaya, kompleks Waruga Airmadidi Bawah, Kecamatan Airmadidi, Minahasa Utara (Minut), Rabu (18/09/19).
Disaksikan ratusan pasang mata, I Made mengaku kagum dengan objek wisata, cagar budaya yang ada di Minahasa Utara. “Saya benar-benar kagum, ini asli,” terangnya.
Tak heran, lokasi cagar budaya berlokasi di Airmadidi Bawah, Kecamatan Airmadidi menurutnya harus dijaga dan dilestarikan, apalagi dengan keberadaan rumah peradaban jelas akan membuka wahana baru bagi masyarakat luas untuk lebih mudah mendapatkan berbagai informasi perihal arkeolog. “Lewat rumah peradaban dapat menumbuhkan talenta masyarakat, kaum melenial bisa berkreasi dan mengimprovisasikan nilai-nilai budaya leluhur. Ini bukti nyata kearifan lokal yang harus dijaga dan dilestarikan,” imbuhnya.
I Made menambahkan, kearifan lokal didalamnya lebih mengajarkan tentang nilai-nilai toleransi di masyarakat, seperti hidup rukun, saling menghormati, saling menjaga sebagaimana diajarkan para leluhur. Intinya mampu mengajak masyarakat semakin menghargai dan mencintai peninggalan budaya. "Nilai toleransi keberagaman ini merupakan suatu kebanggaan, diharapkan lebih mempersatukan,” kuncinya. (dw/mk)
I Made Kagum Cagar Budaya Minut I Made Kagum Cagar Budaya Minut Reviewed by mediakawanua on 2:32 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA