VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Tol MMB Rampung Oktober 2019

Dok: uji coba tol MMB Desember 2018
Mediakawanua.com, MANADO - PT Jasa Marga tengah mengenjot pembangunan jalan Tol Manado-Minut-Bitung (MMB) sepanjang 39,9 kilometer (Km). Proyek tol ini melewati Desa Sukur, Air Madidi hingga Bitung, dilengkapi 5 Simpang Susun (SS) seperti, SS Sukur, SS Air Madidi, SS Kauditan, SS Danowudu dan SS Bitung, yang dipastikan akan rampung bulan Oktober 2019.
Dikutip dari situs resmi kementrian PUPR, jalan Tol MMB memiliki dua Seksi, yàkni Seksi 1 dari Ring Road Manado-Sukur-Air Madidi sepanjang 14 km dan Seksi 2 dari Airmadidi-Bitung sepanjang 25 km.
Dari 14 km tersebut, Seksi 1B sepanjang 7 Km ditargetkan rampung lebih dulu pada April 2019, sementara Seksi 1A ditargetkan selesai Juli 2019.
Seksi 1 dikerjakan oleh Kementerian PUPR, sementara Seksi 2 dari Air Madidi-Bitung sepanjang 25 Km dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) PT Jasa Marga Manado Bitung dengan progres per Januari 2019 sebesar 32 persen.
Biaya konstruksi sebesar Rp3 triliun merupakan dukungan Pemerintah meningkatkan tingkat kelayakan investasi jalan tol.
Dengan keberadaan tol pertama di Sulawesi Utara (Sulut) juga mempersingkat waktu tempuh jarak kota Manado menuju kota Bitung hanya 39 menit. Sebelumnya diperkirakan antara 90-120 menit. “Kehadiran Jalan Tol Manado-Bitung memangkas waktu tempuh antara dua kota menjadi setengah jam saja,” sebut Presiden Jokowi, dikutip dari instagramnya.
Dijelaskan presiden, pembangunan jalan Tol ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) dengan nilai investasi Rp5,12 Triliun, diharapkan mampu meningkatkan kelancaran akses Pelabuhan Internasional Bitung sebagai salah satu pintu ekspor impor bagi kawasan Indonesia bagian timur.
Pembangunan Tol ini merupakan bagian dari proyek strategis nasional (PSN) setidaknya akan meminimalisir biaya logistik produk ekspor dari Kota Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung sebagai pelabuhan ekspor di Provinsi Sulut. "Keberadaan Tol juga sangat mendukumg Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang ada di Kota Bitung," jelas kepala negara. (jhet/mk)
Tol MMB Rampung Oktober 2019 Tol MMB Rampung Oktober 2019 Reviewed by mediakawanua on Minggu, April 14, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA