Header AD

header ads

Gagal Pilwako Bitung, HH-FK Mulus ke Gedung Cengkih

Mediakawanua.com, BITUNG - Masih ingat perhelatan Pemilihan Walikota (Pilwako) Bitung tahun 2016 silam.
Duet maut pasangan Hengky Honandar - Fabian Kaloh (HH-FK) yang diadalkan Partai PKPI, Demokrat, Gerindra harus takluk oleh kekuatan Partai PDI Perjuangan, NasDem kala itu menggusung Max J Lomban dan Maurits Mantiri (MaMa).
Kendati menang tipis, MaMa dinyatakan unggul atas perolehan suara sejumlah kontestan lainnya dan didaulat menjadi walikota dan wakil walikota Bitung periode 2016-2021.
Dengan perjalanan waktu kemesrahan Hengky Honandar dan Fabian Kaloh tak bisa memudar, begitu keduanya hijrah ke Partai PDI Perjuangan dan bertarung dalam pemilihan calon legislatif (Pileg) menuju kursi DPRD Sulut pada pemilu 2019.
Rekam jejak keduanya, baik Hengky Honandar maupun Fabian Kaloh dengan basis massa sendiri-sendiri masih tetap survive alias tak tergoyahkan dari arus gelombang politik saat ini.
Tepatnya dalam pertarungan Pileg 2019, suara kedua calon legislatif ini tak bisa dibendung, termasuk dari sesama kader Partai berlambang Banteng moncong putih.
Betapa tidak, 2 (Dua) kursi dari jatah 8 (delapan) kursi gedung cengkih sebutan DPRD Sulut berhasil direbut PDIP kota Bitung, plus Berty Kapojos PDIP Minahasa Utara (PDIP raih 3 kursi di Provinsi, Dapil Minut-Bitung).
Melihat kontestasi Pileg maupun Pilpres yang begitu menghangat dan saling klaim di media, Honandar maupun Fabian Kaloh menghimbau masyarakat di Sulawesi Utara (Sulut) termasuk kota Bitung untuk tetap menjaga harmonisasi dan kebersamaan pasca Pemilu 17 April 2019.
Ditegaskan Honandar, perbedaan pilihan politik itu biasa dan bersifat temporer. Kalau situasi tidak aman, kegiatan perekonomian tidak akan jalan. Oleh karena itu euforia perbedaan ini jangan sampai dicampur adukan dengan persoalan lain, sebab akan merusakan kehidupan harmonis yang sudah terjalin selama ini. “Begitu Pemilu selesai, kita kembali dengan kesibukan masing-masing. Untuk itu perbedaan harus diakhiri demi kebaikan bersama. Makanya hidup harmonis yang sudah kita rasakan saat ini jangan sampai rusak hanya karena berbeda pilihan. Kita semua harus tetap menjaga kebhinekaan demi kemajuan bersama,” sebut Honandar. (jhet/mk)

Estimasi DPRD Sulut Dapil Bitung-Minut.
1. Hengky Honandar (PDIP)
2. Fabian Kaloh (PDIP)
3. Berty Kapoyos (PDIP)
4. Nick Lomban (NasDem)
5. Johny Panambunan (NasDem)
6. Netty Pantow (PD)
7. Hendry Walukow (PD)
8. Cindy Wurangian (Golkar)


Gagal Pilwako Bitung, HH-FK Mulus ke Gedung Cengkih Gagal Pilwako Bitung, HH-FK Mulus ke Gedung Cengkih Reviewed by mediakawanua on 6:54 AM Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA