VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Bawaslu Manado Rekom 11 TPS Dilakukan PSU

Komisioner KPU Sulut DR Ardiles Mewoh SIP, MSi
Mediakawanua.com, MANADO - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Manado memastikan 11 Tempat Pemungutan Suara (TPS) segera dilaksanakan Pemungutan Suara Ulang (PSU). Rekomendasi ini didasari temuan dan kajian bersama Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), masuk indikasi pelanggaran ketentuan Pasal 372, Undang-Undang Pemilu Nomor 7 tahun 2017.
Diuraikan Bawaslu Manado, 11 TPS yang akan melaksanakan PSU kategori Capres-Cawapres seperti wilayah Kecamatan Malalayang yakni Kelurahan Kleak TPS 12 dan TPS 15, Kelurahan Malalayang Satu Barat TPS 3, TPS 6 dan TPS 9, dan di Kelurahan Malalayang Satu TPS 17.
Kategori PSU Capres-Cawapres, Calon DPD RI, Calon DPR RI, Calon DPR Provinsi dan Calon DPR Kota Manado yakni wilayah Kecamatan Mapanget, seperti di Kelurahan Kairagi Dua TPS 16. Wilayah Kecamatan Tikala seperti di Kelurahan Paal IV TPS 7, di Kelurahan Taas TPS 13.
Wilayah Kecamatan Tuminting seperti di Kelurahan Sumompo TPS 13. Sementara di wilayah Kecamatan Bunaken, TPS 22 di Kelurahan Bailang.
Selain pemungutan suara ulang, Bawaslu Manado juga menginstruksikan jajaran Panwacam bersama PPK melakukan pengecekan kotak suara yang diketahui sempat terbuka alias tidak disegel ataupun rusak, termasuk pengecekan kesesuaian C1 Plano dengan C1 salinan yang ada pada saksi dan pengawas pemilu.
Terpisah Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulut, Dr Ardiles Mewoh SIP, MSi tak menampik pihaknya tengah berkoordinasi dengan Bawaslau memastikan akan dilaksanakan pemungutan suara ulang (PSU) di beberapa TPS di Kabupaten/Kota di Sulawesi Utara. "Kami sudah menerima rekomendasi Bawaslu. Jumlah pastinya belum bisa saya sampaikan karena masih dalan kajian," terang Ardiles Mewoh.
Dia menegaskan, pelaksanaan pemungutan suara ulang dimana KPU perlu melakukan kajian dengan melihat unsur-unsur yang bisa dipunuhi untuk dilakukan PSU.  “Terkait rekomendasi yang masuk, kami perlu melakukan kajian terlebih dahulu, terkait dengan ketentuan perundang-undangan. Jika memang terpenuhi jelas akan diputuskan pemungutan suara ulang,” tegasnya.
Mewoh menambahkan, jika dilakukan PSU serentak sudah dijadwalkan tanggal 25 April 2019. “Logistiknya sudah harus dipersiapkan, termasuk pihak penyelenggara, juga sosialisasi bagi pemilih untuk menggunakan hak pilihnya,” imbuhnya, sembari berharap partisipasi pemilih dan para saksi untuk hadir khusus di TPS-TPS yang dilaksanakan PSU. (jhet/mk)



Bawaslu Manado Rekom 11 TPS Dilakukan PSU Bawaslu Manado Rekom 11 TPS Dilakukan PSU Reviewed by mediakawanua on Minggu, April 21, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA