VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Banjir-Longsor Melanda Warga Paal Dua


Beberapa titik banjir di Kelurahan Paal Dua
Mediakawanua.com, MANADO - Hujan lebat yang mengguyur wilayah Sulawesi Utara (Sulut), sejak Sabtu (27/04/19) malam hingga Minggu pagi mengakibatkan sejumlah lokasi di pusat kota Manado terendam banjir.
Data pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Manado, banjir dan longsor sempat terjadi di sejumlah Kelurahan di 5 Kecamatan di Kota Manado.
Salah satunya terjadi di wilayah Kecamatan Paal Dua, dimana melintas Daerah Aliran Sungai (DAS) Tondano, luapan air kuala (Sungai) ini akhirnya merambah daerah pemukinan warga.  Kendati tinggi air tidak mencapai 1 meter, namun kejadian ini membuat warga panik, kemudian bergegas keluar rumah mencari tempat yang dianggap aman.

Longsor di lingkungan VII, Kelurahan Paal Dua
Memantau lokasi bencana yang terjadi di wilayah Kelurahan Paal Dua sebagaimana diakui I Gusti Sudarmaja notabene Lurah Paal Dua, selain banjir yang melanda ratusan rumah di lingkungan II, IV dan lingkungan V, juga peristiwa longsor terjadi di lingkungan VII, tepatnya menimpa keluarga Sanger-Sandala. “Saya bersama sejumlah Kepala Lingkungan (Pala) langsung turun ke titik longsor di lingkungan VII, membantu memindahkan onggokan tanah yang runtuh menimpa dinding rumah korban. Juga memantau lokasi-lokasi banjir yang terjadi di lingkungan II, IV dan V di Kelurahan Paal Dua,” ujar Sudarmaja.
Lurah Paal Dua memastikan bahwa tidak menimbulkan korban jiwa dari peristiwa banjir dan longsor yang terjadi hingga Minggu (28/04/19), hanya kerugian material dialami masyarakat. “Pemukiman warga terkena banjir berada di titik-titik rendah, termasuk yang dekat dengan areal DAS,” jelas Sudarmaja. 
Dengan kejadian yang menimpa warga, mewakili pemerintah terus menghimbau agar masyarakat khususnya yang tinggal berdekatan dengan aliran sungai atau daerah potensi banjir dan longsor supaya lebih waspada. Sebab, informasi BMG dalam beberapa hari kedepan masih akan terjadi hujan di wilayah Sulut, termasuk di Manado. (ddw/mk)
Banjir-Longsor Melanda Warga Paal Dua Banjir-Longsor Melanda Warga Paal Dua Reviewed by mediakawanua on Minggu, April 28, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA