VAP For Sulut

VAP For Sulut
Diberkati Untuk Memberkati

Lokasi Peti Desa Bakan Ambruk, 3 Warga Meninggal


Lokasi tambang Desa Bakan, Bolmong, Sulawesi Utara
Mediakawanua.com, BOLMONG - Bupati Bolaang Mongondow (Bolmong), Dra Hj Yasti Soepredjo menegaskan persoalan tambang merupakan kewenangan pemerintah Provinsi. Hal ini disinggung bupati ketika berada di lokasi pertambangan emas tanpa ijin (Peti) di Desa Bakan, Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolmong, Sulut, Rabu (27/02/19). “Persoalan tambang kan wewenang pemerintah provinsi Sulut, mulai dari perijinan serta lainnya,” ujar Yasti. 
 Kedatangan bupati bersama jajaran Pemkab Bolmong untuk melihat langsung jalannya proses evakuasi yang sementara dilakukan gabungan Tim SAR, akibat peristiwa longsor wilayah tambang sehari sebelumnya, Selasa (26/02/19) malam. “Tim dari Pemkab juga sudah ada, turun ke lokasi bersama tim Basarnas, aparat kepolisian lakukan proses evakuasi,” terang Yasti.
Bupati juga mengakui proses evakuasi sedikit mengalami hambatan akibat kondisi medan, tepatnya kemiringan tanah bisa mencapai 90 derajat. Demikian pula dengan struktur tanah yang labil. “Untuk itu masyarakat untuk bersabar dan mempercayakan sepenuhnya proses evakuasi kepada tim penyelamat yang telah ada. Semoga penambang yang masih terjebak di lokasi bisa dikeluarkan dengan keadaan selamat,” pinta orang nomor satu di Bolmong.                            
 Sementara Kapolres Kotamobagu, AKBP Gani Fernando Siahaan SIK MH mengungkapkan, saat ini tim penyelamat gabungan yang terdiri dari Polisi, TNI, Basarnas, Pemkab Bolmong dan masyarakat, sudah bersatu padu melakukan proses evakuasi di TKP. Informasi sementara yang diterima berkisar 50-an penambang yang terjebak di areal tambang.
Selain membentuk tim penyelamat, pihaknya juga telah mendirikan posko pelayanan masyarakat. “Bagi masyarakat yang keluarga masih belum ditemukan tolong dilaporkan ke Posko, terletak di Blok C Desa Bakan,” tandas Kapolres.                                                                                                    
Informasi Tim Reaksi Cepat (TRC) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bolmong, sedikitnya 17 korban telah berhasil dievakuasi. “Korban yang sudah berhasil dievakuasi ada 17 orang. Tiga orang meninggal, sementara 14 lainnya mengalami luka ringan dan luka berat,”  imbuh salah satu Tim Reaksi Cepat BPBD Bolmong, Inglie Paputungan. (tim/mk)
Lokasi Peti Desa Bakan Ambruk, 3 Warga Meninggal Lokasi Peti Desa Bakan Ambruk, 3 Warga Meninggal Reviewed by mediakawanua on Rabu, Februari 27, 2019 Rating: 5

Tidak ada komentar

Baja Ringan

Baja Ringan
AVISHA